Sabtu, 21 November 2009

Cara Cepat terindex Search Engine


Daftarkan Blog atau Web anda di Search Engine


Tujuan utama dari membuat blog/web antara lain adalah agar tulisan-tulisan kita bisa di baca oleh pengunjung blog, semakin banyak yang berkunjung apalagi memberikan komentar pada apa yang kita posting tentunya akan membuat hati kita merasa senang dan bahagia. Akan tetapi tentunya tidak serta merta blog kita akan ramai di kunjungi, ini memerlukan usaha publikasi yang gencar dari pemilik blog apabila ingin banyak pengunjungnya.

Banyak cara yang bisa kita lakukan agar blog kita bisa dikenal dan di kunjungi, antara lain adalah dengan rajinnya kita blogwalking atau berkunjung ke blog milik orang lain, mendaftarkan ke berbagai agregator, dan yang paling efektif adalah melalui search engine atau mesin pencari.

Bagi blogger pemula mungkin berangggapan bahwa apabila kita membuat website atau blog akan secara otomatis terindeks atau berada pada list berbagai search engine, dan kenyataannya tidaklah demikian. Agar blog kita terindeks pada mesin pencari, maka kita harus terlebih dahulu mendaftarkan blog milik kita pada situs pemilik mesin pencari.

Jumlah search engine sangat banyak sekali, dan pada saat ini yang paling terkenal di dunia adalah Google, Yahoo, serta Msn. Apabila blog kita ingin terindeks pada mesin pencari mereka, maka kewajiban kita adalah mendaftarkan URL blog kita pada mesin pencari mereka. Jika ada yang belum tahu bagaimana cara mendaftarkan blognya, maka silahkan simak tulisan berikut :

# Daftar Pada Google Search Engine
Untuk mendaftar ke google, silahkan sobat kunjungi http://www.google.com/addurl/, nah apabila sudah berada pada halaman pendaftaran ada beberapa langkah yang harus di lakukan, yaitu mengisi form yang di sediakan :

* URL --> Isi dengan URL blog sobat.
* Comments --> Isi dengan keyword atau kata kunci yang berhubungan dengan blog sobat
* Isi kotak Captha kosong dengan huruf Verifikasi yang tersedia
* Klik tombol Add URL
* Selesai.

Kemudian lakukan menurut petunjuk ini

Pasang Google sitemap blog anda pada Google webmaster.

Hal ini sangat bermanfaat sekali agar tiap perubahan yang anda lakukan pada blog anda terdeteksi dengan cepat oleh Google. Di bawah ini saya tuliskan sejumlah tahap untuk menaruh sitemap pada Google Webmaster:

1. Anda kesini http://www.google.com/webmasters/
2. Kemudian klik Webmaster tools (including sitemap)
3. Kemudian anda login, isi email dan password.
4. Masukin alamat url anda di ‘add site’ klik ok.
5. Kemudian anda klik url anda yang tadi anda ‘add site’, dan klik ’sitemaps’
6. Lalu anda klik ‘add sitemap’ (bagian kiri atas)”Choose type” dan masukan alamat url anda seperti ini www.namabloganda.blogspot/atom.xml (tambahkan atom.xml)
7. Kemudian klik ok.

Pasang Yahoo Sitemap untuk blog anda pada Yahoo

Hal ini agar blog anda tampil bukan saja pada Google Search Engine, namun juga Yahoo, biar lebih top gitu deh…hehehe…ok caranya begini:

1. Anda kesini https://siteexplorer.search.yahoo.com/submit
2. Lantas anda masukan alamat blog anda pada kolom ‘Submit Site Feed’, klik ‘Submit feed’
3. Silahkan anda lakukan add feed pada blog anda, misal http://namabloganda.blogspot.com/atom.xml
4. Lakukan Authentication letaknya di sebalah kanan atas pada bagan
5. Setelah itu muncul tampilan baru dan anda pilih ‘To add a META tag to your home page’ ambil Meta Tagnya, bentuknya seperti ini:

* META name=”y_key” content=”67a8dd43d456bhy2″ /> Kemudian letakan pada tag sebelum tag pada HTML blog anda.

Setelah melakukan petunjuk ini, maka tidak langsung blog/web kita terindeks pada mesin pencari-nya, tetapi masih memerlukan 3 sampai 4 minggu baru blog/web sobat bisa terindeks. Cobalah ketik alamat blog/web sobat pada mesin pencari google/yahoo, apakah sudah terindeks atau belum? kalau belum, coba tunggu beberapa minggu lagi, jika ternyata masih belum juga, coba deh daftarin lagi blog/web nya seperti langkah di atas.

Selamat Mencoba....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar